Sabtu, 09 April 2011

SAUS DINGIN (COLD SAUCES)

Saus dingin adalah semua saus yang dihidangkan dalam keadaan dingin atau setidak-tidaknya dalam temperatur yang normal. Selain dihidangkan dalam keadaan yang dingin (< 60ยบC) saus ini menurut kebiasaannya juga dihidangkan dengan makanan yang dingin.
Beberapa contoh saus yang disajikan dalam keadaan dingin, yaitu :
    Cranberry Sauce
Saus ini dibuat dari buah cranberry segar yang dimasukkan ke dalam larutan gula (simple syrup) lalu dimasak selama 5-10 menit. Disajikan dingin sebagai pelengkap dalam hidangan turkey panggang.
   Cumberland Sauce
Saus ini dibuat dari jelly buah anggur merah (red currant jelly) ditambah anggur (wine), air lemon (lemon juice), air jeruk (orange juice), English Mustard. Disajikan dengan ditambah sedikit cabe rawit dan jahe bubuk. Digunakan sebagai pelengkap hidangan daging.
   Chantilly Sauce
Saus ini dibuat dari whipped cream ditambah lobak, air lemon (lemon juice) dan sedikit cabe rawit bubuk.
   Mint Sauce
Saus ini dibuat dari vinegar, air, cincangan daun mint, dan gula yang dimasak bersama. Biasanya digunakan untuk melengkapi hidangan dari daging domba.
   Vla Sauce
Saus ini dibuat dari campuran susu, kuning telur, gula, dan rhum. Dipergunakan untuk hidangan penutup (dessert) seperti pudding.
   Mayonnaise Sauce
Saus ini dibuat dari kuning telur yang dikocok dengan ditambah minyak. Dalam pembuatannya ditambah asam (cuka/vinegar/air jeruk) agar tercampur rata antara kuning telur dan minyak.
   Vinaigrette Sauce
Saus yang dibuat dari campuran minyak sayur/selada, cincangan bawang bombay, herbs (parsley, tarragon, dan basil), vinegar, garam, dan merica. Cara pembuatannya mudah, semua bahan dicampur menjadi satu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar